Kamis, 12 Juni 2014

Abu bakar as-siddiq radhiallahuanhum

sahabat yang berjuang membela Rasullulah SAW. kemuliaan akhlaknya, kemurahan hatinya dalam pengorbankan harta benda, kekayaanya, kebijaksanaannya dalam menyelesaikan masalah umat, ketenangannya dalam menghadapi kesukarran, kerendahan hatinya ketika berkuasa,serta tutur bahasanya yang lembut dan menarik. beliaulah sahabat yang paling akrap dan disayangi oleh Rasulullah SAW.
nama asli dari abu bakar as siddiq adalah Abdullah bin Qahafah. beliau adalah seorang Quraisy dari kabilah yang sama dengan Rasulullah SAW. yang hanya berbeda keluarga. apabila Abu Bakar berasal dari keluarga tamimi maka Rasulullah SAW. berasal dari keluarga hasyim. keutamaan Abu Bakar adalah seorang pedagang yang selalu menjaga kehormatan diri. beliau seorang kaya, pergaulannya besar, serta memiliki akhlak yang mulia. sebelum datangnya islam, beliau adalah sahabat Rasulullah SAW. yang memiliki karakter yang mirip dengan Rasulullah SAW. belum pernah ada orang yang menyaksikan Abu Bakar minum arak ataupun menyembah berhala. beliau tidak pernah berdusta. begitu banyak kemiripan antara beliau dengan Rasulullah SAW. karena beliau adalah pengikut rasul yang paling setia. tidak heran kemudian beliau menjadi khalifah pertama setelah Rasulullah SAW. wafat. Rasulullah SAW. selalu mengutamakan abu bakar dari pada para sahabat yang lain sehingga tampak menonjjol di tengah-tengah orang lain.
       Rasulullah SAW pernah bersabda, " jika ditimbang keimannan abu bakar dengan keimanan seluruh umat, niscaya akan lebih berat keimannan abu bakar"(H.R. Al Baihaqi). Al Qur'an pun banyak mengisyaratkan sikap dan tindakannya seperti yang dikatakan dalam firman-Nya, yaitu Q.S.Al Lail ayat 5-7,17-21;Fussilat ayat 30; At Taubah ayat 40. dalam masa yang singkat sebagai khalifah, abu bakar telah banyak memperbarui kehidupan kaum muslimin, memerangi nabi palsu, dan kaum muslimin yang tidak mau /enggan membayar zakat. pada masa pemerintahannya pulalah penulisan Al Qur'an dalam lembaran-lembaran dimulai. beliau adalah salah satu dari 10 sahabat Rasulullulah SAW. yang dijamin masuk surga ("asyratul kiram")    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar